Kamis, 13 Desember 2012

CONTOH RPP TEMATIK SD KELAS 1 Nama Sekolah : ………………….. Kelas/Semester : I/1 Tema : Aku dan Keluargaku Alokasi Waktu : 5 x 35 Menit (1 x pertemuan) A. Standar Kompetensia 1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya (IPA) 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi (BI) 3. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin (BI) 4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik (SBK) 5. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 (MAT) 6. Menerapkan budaya hidup sehat (PENJAS) 7. Mengungkapkan perasaan melalui gerak berirama dan nilai yang terkandung di dalamnya (PENJAS) B. Kompetensi Dasar : 1. Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya (IPA) 2. Mendeskipsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana (BI) 3. Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar (BI) 4. Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar (BI) 5. Melafalkan lagu anak-anak (SBK) 6. Membilang banyak benda (MAT) 7. Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit (PENJAS) 8. Mempraktikkan gerak bebas berirama menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama (PENJAS) C. Indikator : 1. Menyebutkan masing-masing nama anggota tubuh (IPA) 2. Menyebutkan kegunaan anggota tubuh (IPA) 3. Menjelaskan cara merawat anggota tubuh (IPA) 4. Mengenali huruf, membacanya sebagai suku kata, kata dan kalimat sederhana (BI) 5. Mendeskripsikan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana (Bhs Indonesia) 6. Melafalkan lagu anak-anak yang ada hubungannya dengan anggota tubuh (SBK) 7. Menghitung jumlah bagian-bagian anggota tubuh (MTK) 8. Menggerakkan anggota badan sesuai dengan isi lagu (PENJAS) 9. Menjelaskan cara menjaga kebersihan anggota tubuh (PENJAS) D. Tujuan Pembelajaran: 1. Siswa dapat menyebutkan masing-masing nama anggota tubuh 2. Siswa dapat menyebutkan kegunaan anggota tubuh 3. Siswa dapat menjelaskan cara merawat anggota tubuh 4. Siswa dapat mengenali huruf pada kata-kata anggota badan dan membacanya dengan benar. 5. Siswa dapat menuliskan beberapa huruf vokal pada kata-kata tentang anggota badan. 5. Siswa dapat menceritakan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana 6. Siswa dapat menghitung jumlah bagian-bagian anggota tubuh 8. Siswa dapat menjelaskan cara menjaga kebersihan anggota tubuh 9. Siswa dapat melafalkan lagu anak-anak yang ada hubungannya dengan anggota tubuh 10. Siswa dapat menggerakkan anggota badan sesuai dengan isi lagu E. Materi Ajar/Pembelajaran: 1. Anggota tubuh manusia Anggota tubuh manusia yang diperkenalkan adalah yang tampak oleh mata, misalnya mata, hidung, telinga, kulit, tangan, kepala, lidah, jari tangan, kaki, dan lain sebagainya 2. Kegunaan anggota tubuh Beberapa contoh kegunaan anggota tubuh yaitu • mata untuk melihat atau mengamati berbagai benda yang ada di lingkungan sekitar, • hidung untuk mencium bau berbagai benda terutama benda yang memiliki bau menyengat, • telinga untuk mendengar berbagai bunyi benda, • gigi untuk menggigit atau mengunyah makanan, • lidah untuk mencicipi rasa, misalnya rasa makanan yang manis, pedas, atau asin, • kulit untuk merasakan permukaan benda halus, kasar, dingin, panas, • tangan untuk mengambil sesuatu • kaki untuk berjalan atau berlari 3. Lagu Dua Mata Saya, Nama-nama Rasa, Ayo makan bersama, Tugas hari Minggu. 4. Jumlah bagian anggota tubuh manusia Jumlah bagian anggota tubuh manusia yaitu 2 mata, 1 hidung, 2 telinga, 2 tangan, 2 kaki, 10 jari tangan, 10 jari kaki, dan lain sebagainya. F. Metode Pembelajaran: - Teknik “Picture and Picture” atau gambar seri G. Langkah-langkah Pembelajaran: 1. Pendahuluan (± 1 x 35 Menit) a. Guru mengecek kesiapan siswa, media, dan perlengkapan belajar kelas b. Guru dan siswa bernyanyi lagu “dua mata saya” dengan menunjukkan anggota badan sesuai dengan lagu c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengajak siswa bertepuk tangan agar bersemangat dalam belajar. 2. Inti (± 3 x 35 Menit) a. Siswa mendengar cerita guru tentang manusia sebagai ciptaan Tuhan dalam bentuk yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk hidup lain. b. Dengan menggunakan gambar tubuh manusia dan model tubuh manusia, guru dan siswa menyebutkan bagian-bagian tubuh secara urut dan berulang-ulang dari kepala sampai ke kaki sambil menunjuk ke bagian tubuh tersebut c. Siswa mendengar aktif informasi guru bahwa masing-masing anggota tubuh mempunyai kegunaan yang berbeda-beda dan kegunaan tersebut akan diketahui siswa melalui hasil pengamatan d. Dengan menggunakan kartu bergambar tiap-tiap bagian tubuh, guru membagi kartu kepada beberapa siswa dan meminta siswa untuk melakukan kegiatan pengamatan tentang kegunaan bagian-bagian tubuh e. Siswa yang mendapatkan kartu diminta ke depan kelas dan berdiri sesuai urutkan gambar, misal urutan bagian tubuh dari atas ke bawah, seperti rambut, mata, hidung, telinga, mulut, tangan dan kaki. f. Secara bergantian, siswa bercerita tentang gambar anggota tubuh, seperti ciri-cirinya hingga fungsinya sera cara merawatnya. Misal, fungsi anggota tubuh : 1) rambut untuk mempercantik penampilan dan melindungi kepala dari panas 2) mata untuk melihat atau mengamati berbagai benda yang ada di lingkungan sekitar 3) hidung untuk mencium bau berbagai benda terutama benda yang memiliki bau menyengat 4) telinga untuk mendengar berbagai bunyi benda. 5) Mulut untuk bicara dan makan. Gigi untuk menggigit atau mengunyah makanan. Lidah untuk mencicipi rasa, misalnya rasa makanan yang manis, pedas, atau asin. 6) tangan untuk mengambil benda, kulit untuk merasakan permukaan benda halus, kasar, dingin, panas, dll 7) kaki untuk berjalan, berlari, meloncat, dll. g. Bersama-sama siswa menyanyikan lagu “nama-nama rasa” h. Secara bergantian, siswa tampil di depan kelas untuk menuliskan huruf vokal pada gambar anggota tubuh dan membacanya. 3. Penutup (± 1 x 35 Menit) a. Siswa mendengar pesan-pesan moral guru untuk menjaga dan memanfaatkan semua anggota tubuh sebagai karunia Tuhan yang patut disyukuri. b. Siswa menceritakan apa yang telah dipelajari dan responnya terhadap proses pembelajaran. c. Guru melaksanakan penilaian lisan dan memberi penghargaan kepada siswa yang menjawab dengan benar. H. Sumber Belajar 1. Dyah Sriwilujeng, dkk. Pembelajaran Terpadu Dengan Pendekatan Tematik 1A. Jakarta : Penerbit Esis, 2006. 2. Kartu bergambar bagian-bagian anggota tubuh 3. Gambar tubuh atau tubuh manusia. 4. Lagu : Dua Mata Saya; Nama-nama Rasa; Ayo Makan Bersama; Tugas hari Minggu. DUA MATA SAYA Dua mata saya hidung saya satu Dua kaki saya pakai sepatu baru Dua telinga saya yang kiri dan kanan Satu mulut saya tidak berhenti makan NAMA-NAMA RASA Siapa tahu apa rasa gula Manis manis manis itu rasanya Siapa tahu apa rasa cabe Pedas pedas pedas aku tak suka Cobalah katakan apa rasa garam Asin asin asin Itu semua nama nama rasa Kita harus tahu janganlah lupa Siapa tahu apa rasa kopi Pahit pahit pahit itu rasanya Siapa tahu apa rasa lada Pedas pedas pedas aku tak suka Cobalah katakan apa rasa cuka Asam asam asam Itu semua nama nama rasa Kita harus tahu janganlah lupa AYO MAKAN BERSAMA Sebelum kita makan dik Cuci tanganmu dulu Menjaga kebersihan dik Untuk kesehatanmu Banyak banyak makan jangan ada sisa Makan jangan bersuara Banyak banyak makan jangan ada sisa Ayo makan bersama TUGAS HARI MINGGU Tugas hari minggu Kupotong kuku Satu demi satu Bersih kukuku Tak lupa sepatu Kugosok dulu Selesai tugasku Riang hatiku I. Penilaian Tes Tertulis obyektif : Menjodohkan gambar anggota tubuh dan namanya, melengkapi tulisan.. Tes lisan : Anggota tubuh dan kegunaannya. 1. Mata berguna untuk ........ 2. Telinga berguna untuk ....... 3. Tangan berguna untuk ........ 4. Kaki berguna untuk ......... 5. Gigi berguna untuk .......... 6. Kaki berguna untuk .......... 7. Hidung berguna untuk .......... 8. Kulit berguna untuk ........... 9. Mulut berguna untuk ........ 10. Rambut berguna untuk ........ Unjuk Kerja: Bercerita FORMAT PENGAMATAN : Bercerita No. NAMA ASPEK YANG DINILAI RATA-RATA 1 2 3 4 Keterangan : 1. Suara jelas terdengar 2. Informasi akurat 3. Runtut 4. Ekspresi MELENGKAPI HURUF CONTOH RPP TEMATIK



CONTOH RPP TEMATIK SD KELAS 1

Nama Sekolah : …………………..
Kelas/Semester : I/1
Tema : Aku dan Keluargaku
Alokasi Waktu : 5 x 35 Menit (1 x pertemuan)

A. Standar Kompetensia

1.      Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya (IPA)
2.      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan   tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi (BI)
3.      Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin  (BI)
4.      Mengekspresikan diri melalui karya seni musik (SBK)
5.      Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 (MAT)
6.      Menerapkan budaya hidup sehat (PENJAS)
7.      Mengungkapkan perasaan melalui   gerak berirama dan nilai yang terkandung di dalamnya (PENJAS)

B. Kompetensi Dasar :

1. Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya (IPA)
2. Mendeskipsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana (BI)
3.  Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana  dari buku atau papan tulis dengan benar (BI)
4. Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar (BI)
5.  Melafalkan lagu anak-anak (SBK)
6.  Membilang banyak benda (MAT)
7.  Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit (PENJAS)
8.  Mempraktikkan gerak bebas berirama menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama (PENJAS)

C. Indikator :
1.  Menyebutkan masing-masing nama anggota tubuh (IPA)
2.  Menyebutkan kegunaan anggota tubuh (IPA)
3.  Menjelaskan cara merawat anggota tubuh (IPA)
4.  Mengenali huruf, membacanya sebagai suku kata, kata dan kalimat sederhana (BI)  
5.  Mendeskripsikan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana (Bhs Indonesia)
6.  Melafalkan lagu anak-anak yang ada hubungannya dengan anggota tubuh (SBK)
7.  Menghitung jumlah bagian-bagian anggota tubuh (MTK)
8.  Menggerakkan anggota badan sesuai dengan isi lagu (PENJAS)
9.  Menjelaskan cara menjaga kebersihan anggota tubuh (PENJAS)



D. Tujuan Pembelajaran:
1.  Siswa dapat menyebutkan masing-masing nama anggota tubuh 
2.  Siswa dapat menyebutkan kegunaan anggota tubuh
3.  Siswa dapat menjelaskan cara merawat anggota tubuh
4.  Siswa dapat mengenali huruf pada kata-kata anggota badan dan membacanya dengan benar.
5. Siswa dapat menuliskan beberapa huruf vokal pada kata-kata tentang anggota badan.
5.  Siswa dapat menceritakan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana
6.  Siswa dapat menghitung jumlah bagian-bagian anggota tubuh
8.  Siswa dapat menjelaskan cara menjaga kebersihan anggota tubuh
9.  Siswa dapat melafalkan lagu anak-anak yang ada hubungannya dengan anggota tubuh
10.  Siswa dapat menggerakkan anggota badan sesuai dengan isi lagu

E. Materi Ajar/Pembelajaran:
    1. Anggota tubuh manusia
     Anggota tubuh manusia yang diperkenalkan adalah yang tampak oleh mata, misalnya mata, hidung, telinga, kulit, tangan, kepala, lidah, jari tangan, kaki, dan lain sebagainya
    2. Kegunaan anggota tubuh
        Beberapa contoh kegunaan anggota tubuh yaitu
  • mata untuk melihat atau mengamati berbagai benda yang ada di lingkungan sekitar,
  • hidung untuk mencium bau berbagai benda terutama benda yang memiliki bau menyengat,
  • telinga untuk mendengar berbagai bunyi benda,
  • gigi untuk menggigit atau mengunyah makanan,
  •  lidah untuk mencicipi rasa, misalnya rasa makanan yang manis, pedas, atau asin,
  • kulit untuk merasakan permukaan benda halus, kasar, dingin, panas,
  • tangan untuk mengambil sesuatu
  • kaki untuk berjalan atau berlari
3. Lagu Dua Mata Saya, Nama-nama Rasa, Ayo makan bersama, Tugas hari Minggu.
4.
Jumlah bagian anggota tubuh manusia
    Jumlah bagian anggota tubuh manusia yaitu 2 mata, 1 hidung, 2 telinga, 2 tangan,
    2 kaki, 10 jari tangan, 10 jari kaki, dan lain sebagainya.

F. Metode Pembelajaran:
- Teknik “Picture and Picture” atau gambar seri

G. Langkah
-langkah Pembelajaran:

1. Pendahuluan (± 1 x 35 Menit)
a.    Guru mengecek kesiapan siswa, media, dan perlengkapan belajar kelas
b.    Guru dan siswa bernyanyi lagu “dua mata saya” dengan menunjukkan anggota badan sesuai dengan lagu
c.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengajak siswa bertepuk tangan agar bersemangat dalam belajar.

2. Inti (± 3 x 35 Menit)
a.    Siswa mendengar cerita guru tentang manusia sebagai ciptaan Tuhan dalam bentuk yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk hidup lain.
b.    Dengan menggunakan gambar tubuh manusia dan model tubuh manusia, guru dan siswa menyebutkan bagian-bagian tubuh secara urut dan berulang-ulang dari kepala sampai ke kaki sambil menunjuk ke bagian tubuh tersebut
c.    Siswa mendengar aktif informasi guru bahwa masing-masing anggota tubuh mempunyai kegunaan yang berbeda-beda dan kegunaan tersebut akan diketahui siswa melalui hasil pengamatan
d.   Dengan menggunakan kartu bergambar tiap-tiap bagian tubuh, guru membagi kartu kepada beberapa siswa dan meminta siswa untuk melakukan kegiatan pengamatan tentang kegunaan bagian-bagian tubuh
e.    Siswa yang mendapatkan kartu diminta ke depan kelas dan berdiri sesuai urutkan gambar, misal urutan bagian tubuh dari atas ke bawah, seperti rambut, mata, hidung, telinga, mulut, tangan dan kaki.
f.     Secara bergantian, siswa bercerita tentang gambar anggota tubuh, seperti ciri-cirinya hingga fungsinya sera cara merawatnya. Misal, fungsi anggota tubuh :
1)      rambut untuk mempercantik penampilan dan melindungi kepala dari panas
2)      mata untuk melihat atau mengamati berbagai benda yang ada di lingkungan   sekitar
3)      hidung untuk mencium bau berbagai benda terutama benda yang memiliki bau menyengat
4)      telinga untuk mendengar berbagai bunyi benda.
5)      Mulut untuk bicara dan makan. Gigi untuk menggigit atau mengunyah makanan. Lidah untuk mencicipi rasa, misalnya rasa makanan yang manis, pedas, atau asin.
6)       tangan untuk mengambil benda, kulit untuk merasakan permukaan benda halus, kasar, dingin, panas, dll
7)      kaki untuk berjalan, berlari, meloncat, dll.
g.    Bersama-sama siswa menyanyikan lagu “nama-nama rasa”
h.    Secara bergantian, siswa tampil di depan kelas untuk menuliskan huruf vokal pada gambar anggota tubuh dan membacanya.

3. Penutup (± 1 x 35 Menit)
a.  Siswa mendengar pesan-pesan moral guru untuk menjaga dan memanfaatkan semua anggota tubuh sebagai karunia Tuhan yang patut disyukuri.
b.  Siswa menceritakan apa yang telah dipelajari dan responnya terhadap proses  pembelajaran.
c. Guru melaksanakan penilaian lisan dan memberi penghargaan kepada siswa yang menjawab dengan benar.

H. Sumber Belajar
     1. Dyah Sriwilujeng, dkk. Pembelajaran Terpadu Dengan Pendekatan Tematik 1A. Jakarta : Penerbit Esis, 2006.
     2. Kartu bergambar bagian-bagian anggota tubuh
     3. Gambar tubuh atau tubuh manusia.
     4. Lagu : Dua Mata Saya; Nama-nama Rasa; Ayo Makan Bersama; Tugas hari Minggu.


DUA MATA SAYA
         Dua mata saya hidung saya satu
Dua kaki saya pakai sepatu baru
Dua telinga saya yang kiri dan kanan
Satu mulut saya tidak berhenti makan

NAMA-NAMA RASA

Siapa tahu apa rasa gula
Manis manis manis itu rasanya
Siapa tahu apa rasa cabe
Pedas pedas pedas aku tak suka
Cobalah katakan apa rasa garam
Asin asin asin
Itu semua nama nama rasa
Kita harus tahu janganlah lupa
Siapa tahu apa rasa kopi
Pahit pahit pahit itu rasanya
Siapa tahu apa rasa lada
Pedas pedas pedas aku tak suka
Cobalah katakan apa rasa cuka
Asam asam asam
Itu semua nama nama rasa
Kita harus tahu janganlah lupa              

AYO MAKAN BERSAMA

Sebelum kita makan dik
Cuci tanganmu dulu
Menjaga kebersihan dik
Untuk kesehatanmu
   Banyak banyak makan jangan ada sisa
Makan jangan bersuara
Banyak banyak makan jangan ada sisa
Ayo makan bersama

TUGAS HARI MINGGU

Tugas hari minggu
Kupotong kuku
Satu demi satu
Bersih kukuku
Tak lupa sepatu
Kugosok dulu
Selesai tugasku
Riang hatiku




I.  Penilaian

Tes Tertulis obyektif : Menjodohkan gambar anggota tubuh dan  namanya, melengkapi tulisan..

Tes lisan : Anggota tubuh dan kegunaannya.
1.      Mata berguna untuk ........
2.      Telinga berguna untuk .......
3.      Tangan berguna untuk ........
4.      Kaki berguna untuk .........
5.      Gigi berguna untuk ..........
6.      Kaki berguna untuk ..........
7.      Hidung berguna untuk ..........
8.      Kulit berguna untuk ...........
9.      Mulut  berguna untuk ........
10.  Rambut berguna untuk ........

Unjuk Kerja: Bercerita

FORMAT PENGAMATAN : Bercerita

No.
NAMA
ASPEK YANG DINILAI
RATA-RATA
1
2
3
4






















Keterangan :
1.      Suara jelas terdengar
2.      Informasi akurat
3.      Runtut
4.      Ekspresi














MELENGKAPI HURUF

 
 t
 
 b
 
m m
 

 
 r
 
                                              


 
 t
 

 
m
 
 
                                                               





g
 
n
 

 
 d
 

 
 h
 


 t
 

 
 l
 

 
m m
 

 m
 
 g m
 
 n m
 
 m
 
 l m
 
 m
 
 t m
 
                  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar